Minggu, 18 November 2012

Kemacetan di DEPOK

Macet memang bukan lagi menjadi suatu keadaan yang mengherankan di Jakarta, semua orang sudah merasa terbiasa dengan keadaan tersebut. Setiap sudut Jakarta selalu saja macet mau pagi, siang, maupun malam, kecuali ketika libur lebaran, sekolah, atau natal. Ketika hari libur tersebut Jakarta benar – benar kosong dan tidak ada macet yang terlihat hanya jalanan sepi yang dihiasi oleh lampu – lampu jalan. Baru disitulah kita bisa merasakan nikmatnya tinggal di kota Jakarta.

Mungkin kita masih bisa memaklumi jika Jakarta macet, namun bila salah satu kota pinggiran Jakarta seperti Depok juga ikutan macet itu sangat mengherankan. Karena mulai sekarang setiap sudut kota depok sudah mulai ikutan macet, walaupun jalanan sudah di pelebar seperti di Margonda namun tetap saja macet. Macet bisa disebabkan karena jalanan yang sempit, tidak berfungsinya lampu lalu lintas, dan banyaknya pedagang di pinggir jalan. Seperti contoh, daerah kelapa dua di depan kampus Gunadarma, setiap sore di perempatan jalan tersebut selalu saja macet. Bila pagi hari jalanan tersebut masih ramai lancar dan lampu lalu lintas masih berfungsi. Berbeda dengan sore hari, bila sudah sore hari jalan tersebut menjadi crowded dikarenakan lampu lalu lintas yang mati, sehingga membuat binggung para pengendara, siapa yang harus jalan duluan atau berhenti. Siapakah yang membuat peraturan bila sore hari tiba lampu lalu lintas harus mati? Dan mengapa bila sudah macet tidak ada polisi lalu lintas yang mengaturnya?. Ya semoga saja suatu saat nanti kita bisa mengetahui mengapa lampu merah diperempatan jalan tersebut sering mati bila sudah sore hari.

Cara yang tepat untuk menghindari atau mengurangi kemacetan sekarang ini adalah dengan cara mengurangi produksi kendaraan seperti mobil atau motor. Karena mau dipelebar atau diperbanyak jalan layangnya tetap saja macet akan terus ada, karena jumlah populasi di ibu kota Jakarta yang banyak serta banyaknya jumlah mobil yang masuk ke dalam Indonesia. Mengatasi kemacetan biasa juga dengan memperbaikki fasilitas, kenyamanan, serta keamanan dalam kendaraan umum, sehingga bisa membuat orang –orang lebih nyaman menggunakan kendaraan umum dari pada menggunakan kendaraan pribadi mereka. Dengan cara seperti itu kita bisa mengurangi kemacetan secara cepat dan mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar