Kamis, 09 Desember 2010

minat baca

Sekarang - sekarang ini minat baca di kalangan remaja sangatlah kurang! kebanyakan mereka lebih suka jalan - jalan, nonton, dan lain - lainnya. sedangkan dalam hidup ini membaca sangatlah dibutuhkan sekali, karena dengan membaca kita lebih banyak mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan.
Beberapa cara untuk membangun minat baca para remaja: pertama para orangtua harus memberikan contoh kepada anak - anak mereka, kedua luangkan waktu untuk bisa membaca bersama, ketiga berikan motivasi tentang pentingnya membaca, sedangkan dari pihak sekolah cukup memberikan mereka tugas membaca dan membuat resensinya, tapi dalam memberikan tugas iini para guru harus telah memebaca cerita ini terlebih dahulu agar mereka tidak di bohongin oleh para muridnya. Dengan mengikuti cara tersebut dijamin pasti anak - anak tertarik untuk membaca.

pada tanggal 5 desember 2010 saya pergi ke pameran para pembaca di pasar festival, di daerah kuningan. dalam acara tersebut saya hanya melihat para orangtua dan anak - anak kecil yang tertarik untuk datang kesana, sedangkan para remaja tidak ada sama sekali. Disana saya juga mengetahui bahwa ada satu situs yg bernama GOODREADS, dimana dalam situs ini terdapat banyak sekali orang - orang yang suka membaca dan memiliki koleksi - koleksi buku hingga ribuan..

maka dari itu ayo tanamkan minat baca para anak sejak dini supaya kelak mereka bisa memajukan bangsa Indonesia ini.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar